Sabtu, 10 September 2011

STANLEY HAUERWAS




            Stanley Hauerwas adalah teolog dari gereja Metodis. Ia mengemukakan pendapatnya mengenai reformasi etika sosial Kristen. Reformasi etika Kristen yang ia kemukakan mengarah pada kebajikan dan karakter dalam Gereja yang sesuai dengan narasi Kristus.
            Menurut Hauerwas, penerapan prinsip-prinsip moral untuk politik tidak lebih merupakan suatu politik teologi. Ia menempatkan penekanan tunggal daya Kristen dalam kekokohan dan kebenaran Kekristenan yang mempunyai pengaruh di dunia. "Gereja" diidentifikasi sebagai tempat, memori, dan disiplin dari narasi Kristus di mana tanda kuasa penebusan Kristus menjadi nyata dan berarti karena gereja adalah tubuh Kristus, bentuk duniawi abadi karya-Nya di dunia. Oleh karena itu, kebenaran dari iman Kristen itu tergantung pada gereja.
            Tugas sosial gereja adalah membentuk jemaat untuk percaya pada janji penebusan Allah di mana orang Kristen harus melayani dunia dengan cara mereka sendiri. Gereja bukan ada untuk memberikan etos untuk demokrasi atau bentuk lain organisasi sosial, tetapi berdiri sebagai alternatif politik untuk setiap bangsa dalam menyaksikan jenis kehidupan sosial yang mungkin bagi mereka yang telah dibentuk oleh kisah Kristus. Oleh karena itu, menurutnya tugas pertama Gereja adalah untuk membantu kita mendapatkan perspektif kritis pada narasi Kristus yang ada dalam kehidupan kita.
            Berdasarkan hal itu, etika sosial Kristen tergantung pada pengembangan kepemimpinan dalam gereja yang dapat percaya dan tergantung pada keragaman karunia di masyarakat. Otoritas yang diperlukan untuk kepemimpinan dalam gereja harus berasal dari kemauan orang Kristen berisiko dalam mengemukakan kebenaran dan mendengar kebenaran dari pihak yang berwenang. Sehingga, etika sosial bagi gereja berarti menangkap kembali makna sosial seperti tindakan kebaikan, persahabatan, dan pembentukan keluarga yang mendorong kita untuk percaya dan tergantung pada satu sama lain untuk terbuka bagi kehidupan baru dalam melakukan narasi Kristus. Sebab etika sosial Kristen membentuk orang untuk melayani Dia melalui pekerjaan Kristus.